Pages

Senin, 02 November 2015

Layanan telematika informasi dan keamanan dibidang pendidikan

Layanan telematika informasi dibidang pendidikan
Sebagaimana yang kita tahu telematika merupakan sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik, yang merupakan media elektromagnetik salah satunya adalah computer. Karen acara penghubungannya menggunakan satelit, sehingga antara satu pc ke pc lainnya dapat terhubung. Berdasarkan informasi tersebut, maka pendidikan pun bisa dikembangkan dengan menggunakan media telematika. Maka dari itu telematika mempunya peranan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Berikut adalah layanan telematika pada bidang pendidikan.
1.     E-Book atau buku elektronik merupakan berupa buku yang dapat dibuka dengan elektronik melalui komputer. ebook ini biasanya berupa file yang isinya berupa informasi dari sebuah buku dalam bentuk yang ringkas. dengan ebook kita dapat belajar melalui komputer, kita juga dapat menyimpan ebook sebanyak-banyaknya tanpa harus membeli buku. Jadi dengan sebuah website, dan didalam website tersebut terdapat databasenya. Maka kita dapat menyimpan banyak informasi yang salah satunya adalah informasi di bidang pendidikan. Banyak sekolah-sekolahan ataupun universitas modern sudah menggunakan media pembelajaran elektronik book, karena lebih efektif dan efisien. Mengingat terkadang guru atau dosen tidak selalu dapat hadir, maka timbul lah ide untuk pembuatan Ebook. Agar tetap kegiatan belajar-mengajar berjalan seperti biasa.
2.     E-learning singkatan dari elektronik learning merupakan cara baru media pembelajaran secara komputerisasi khususnya internet dalam pembelajarannya. e-learning ini tidak selalu menggunakan internet tapi juga ada pembelajaran meltimedia secara ofline. Banyak software e-learning saat ini. E-learning hampir sama seperti E-book, perbedaannya hanya terdapat pada basis informasinya. Jika kita menggunakan Ebook maka kita belum tentu bisa menggunakan Elearning. Tetap jika kita menggunakan Elearning, maka kita dapat menggunakan Ebook. Karena Elearning dapat melakukan proses pembelajaran dengan tetap muka dan basis informasinya lebih luas dibandingin Ebook.
3.   E-library singkatan dari electronic library merupakan perpustakaan yang sebagian besar bentuk bukunya adalah dalam bentuk format digital dan hanya dapat di akses melalui komputer. perpustakaan tidak seperti perpustakaan pada aslinya tetapi dalan virtual perpustakaan ini menyimpan semua e-book dan kita dapat mengunduhnya secara gratis. Jika kita membedakan Ebook dengan Elibraray, maka jawabannya sudah jelas. Kalo Ebook informasinya terbatas, sedangkan Elibraray informasinya lebih banyak dan lebih luas. Kita dapat mencari modul pembelajaran apapun yang sudah di sediakan oleh server. Jadi menggunakan wadah database yang lebih besar.

Layanan telematika keamanan dibidang pendidikan
Keamanan mempunyai peranan penting untuk memastikan bahwa data yang disimpan pada sebuah wadah terjamin kerahasiasannya. Maka untuk menunjang dan memastikan bahwa data tersebut aman, kita butuh menggunakan telematika untuk menjaga kerahasiaan data tersebut. Karena telematiak bersifat terbuka dan jangkauannya tidak terbatas. Memang tidak mudah menggunakan telematika khususnya dibidang pengamanan, karena kita membutuhkan tenaga ahli dalam pengoperasionalan telematika tersebut, pada dasarnya media elektronik sama dengan dunia nyata yaitu sama-sama membutuhkan keamanan. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. Cara mengatasi terjadinya pembobolan data adalah dengan memasang security system, seperti firewall, dan antivirus.

Sumber:
http://maulanagilbert.blogspot.co.id/2013/10/peranan-layanan-telematika-dalam-bidang.html diakses tanggal 2 November 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar